Taruna AAU Akhiri Pendidikan Dengan Tradisi Mandi Suci


Gubernur AAU Marsda TNI Sri Mulyo Handoko memimpin upacara tradisi mandi suci bagi taruna tingkat IV di Lapangan Dirgantara AAU, Senin (25/6/2018)

SEMBADA.ID-Sebanyak 119 Taruna Tingkat IV Akademi Angkatan Udara (AAU) melakukan tradisi mandi suci di lapangan Dirgantara, AAU, Senin (25/6/2018) sore. Kegiatan ini merupakan acara rutin menjelang penutupan pendidikan di AAU.  Upacara mandi suci didahului penyiraman secara simbolis oleh Gubernur AAU kepada tiga perwakilan taruna tingkat IV  dilanjutkan para pejabat teras AAU.

Para taruna itu rencananya akan diwisuda oleh KSAU di AAU, 28 Juni  dan akan dilantik menjadi perwira remaja oleh Presiden di istana negara Jakarta, 19 Juli mendatang. 

Gubernur AAU Marsda TNI Sri Mulyo Handoko mengatakan tradisi ini bukan hanya sekedar seremoni namun lebih dari itu memiliki arti sebagai simbol pembersihan hati, pikiran dan jiwa sebelum mereka meninggalkan almamater AAU dan  memasuki gerbang menjadi perwira TNI Angkatan Udara (AU).

"Itulah makna dari tradisi ini," kata Sri Mulyo di sela-sela kegiatan tersebut, seperti dilansir sindonews.

Dalam kegiatan ini para taruna tingkat IV juga melaksanakan kegiatan militer lapangan seperti lari, push up, merayap, jungkir dan berguling  yang diawasi para yuniornya.  Hal ini bukan arena pelampiasan emosi, lebih-lebih ajang balas dendam yunior kepada seniornya. Tetapi untuk nemupuk rasa persaudaraan yang tinggi layaknya keluarga dan adik kakak.

"Pelaksanannya pun harus didasari semangat respek, penuh penghormatan serta  ketulusan hati dan rasa kasih sayang.Sehingga  semua Taruna diharapkan memiliki kelapangan jiwa," paparnya.

Kepala penerangan (Kapen) AAU Mayor Sus Sanra Michiko menambahkan 119 taruna tingkat IV AAU itu, terdiri dari 110 taruna dan 9 taruni.(sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Taruna AAU Akhiri Pendidikan Dengan Tradisi Mandi Suci"

Posting Komentar