Arca Ganesha di Gunungsari, Prambanan Terbengkelai


Lokasi tempat arca di dusun Gunungsari,  Sambirejo, Prambanan, Sleman,  Rabu (15/6/2018)


SEMBADA.ID – Warga Gunungsari, Sambirejo, Prambanan, Sleman sebenarnya mengetahui di dusun mereka, selain ada situs Gupala (kumpulan beberapa arca),  juga ada arca lain yang berada  sekitar 100 meter  selatan situs Gupala . Tepatnya di dekat  belik (mata air)  Ngemplang di dekat jurang.  Arca itu berada di atas batu. Karenannya, warga setempat menamakan arca itu dengan nama arca watu tumpang.


“Arca itu besar duduk bersila badannya seperti manusia tapi tidak ada kepalanya,” kata  warga setempat Walijo, 54, seperti dilansir sindonews,  Rabu (15/8/2018) sore.


Walijo mengatakan arca itu sudah ada di tempat itu sejak dirinya kecil. Hanya saja karena  ketidaktahuan warga,  jika arca itu punya nilai sejarah, sehingga tidak mengurusnya. Termasuk saat jatuh ke bawah jurang, juga tidak mempedulikannya.  Posisi jatuh arca itu tengkurap dan yang tinggal hanya batu dudukannya. 


“Jatuh karena jurang itu longsor.  Tapi kapan persisnya  jatuh saya tidak tahu pasti, yang  jelas sudah terjadi puluhan tahun lalu. Saat ini saya sudah besar,”  ungkapnya.


Walijo  menjelaskan karena warga tidak tahu  jika arca yang jatuh ke jurang itu memiliki sejarah,  oleh warga diambil batunya. Apalagi kondisinya juga sudah tidak utuh terpisah-pisah.  Dimana batu tersebut kemudian dipakai untuk membuat galengan (bedengan) sawah yang ada di dekat arca jatuh. Sehingga sekarang tinggal sisa-sisanya.


“Warga tidak mengetahui kapan arca itu di tempat itu dan mengapa ada disitu. Warga hanya mengetahui ada arca di tempat itu dan kemudian jatuh ke jurang,”  terangnya.

Warga sendiri meminta agar pemerintah memperhatikan kondisi inftarstruktur menuju ke lokasi situs Gupola dan arca yang ada di jurang dekat belik itu. Sebab  untuk menuju lokasi jalannya hanya setapak dan berbatu. Apalagi ke lokasi arca dekat belik, selain setapak dan berbatu juga ada jurang. Jika tidak hati-hati bisa terpeleset karena batunya licin. 


“Untuk akses jalan memang tidak ada,”  ungkapnya.


Hal yang sama diungkapkan warga lainnya,Samijo, 50. Menurutnya  keberadaan arca di dekat belik dekat jurang itu sudah lama dan tidak ada penemuan arca baru lagi.  Meski begitu  jika dikembangkan dengan bagus tentunya lokasi ini akan menjadi destinasi wisata sejarah dan edukasi yang menarik. Sebab kemungkinan di sekitar lokasi, masih ada  benda dan tempat sejarah yang belum terungkap. 

Seperti adanya sumber mata air (belik) di dekat situs Gupolo dan arca Watu Tumpang, juga belum terungkap apa kegunaan dan fungsinya. Apalagi kedua belik itu meski musim kemarau airnya tidak pernah surut. Sehingga oleh warga memanfaatkan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Selain itu akses menuju lokas juga harus ada perhatian, tidak seperti sekarang belum ada, hanya jalan setepak yang biasa digunakan warga untuk ke belik iu,”  harapnya.(sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arca Ganesha di Gunungsari, Prambanan Terbengkelai"

Posting Komentar