Purwomartani Dikukuhkan Jadi Desa Tangguh Bencana


Petugas dan warga Purwomartani, Kalasan saat melaksanakan gladi lapangan penangganan bencana angin kencang di lapangan Temanggal, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Senin (3/9/2018). foto sembada.id/dery

SLEMAN – Pemkab Sleman mengukuhkan desa Purwomatani, Kalasan, Sleman menjadi desa tangguh bencana (Destana). Pengukuhan ditandai dengan galdi lapangan penangganan bencana angin kencang di lapangan Temanggal desa setempat, Senin (3/9/2018).

Diharapkan dengan langkah ini, bukan hanya untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan masyarakat terkait bencana angin kencang, namun juga bentuk Penguatan  kelembagaan  masyarakat dalam pengurangan resiko bencana.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan karena Sleman memiliki berbagai potensi bencana sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing. Satu di antaranya di wilayah Kalasan, yaitu potensi bencana angin kencang,  maka pembekalan dan kemampuan mitigasi bencana sangat penting. Selain untuk kesiapsiagaan masyarakat,  juga untuk meminimalisir dampak bencana,

“Dengan langkah ini  juga untuk merubah cara pandang dalam menghadapi bencana dari yang semula responsif menjadi preventif yaitu pengelolaan resiko bencana,”  kata  bupati Sleman Sri Purnomo dalam sambutannya yang dibacakan staf ahli bupati bidang pemerintahan dan hukum Musta’in Aminun dalam kegiatan tersebut.


Untuk itu, kegiatan   menjadi momen strategis bagi masyarakat,  terutama Purwomartani  untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan  terhadap ancaman  bencana angin kecang yang ada di daerah ini.

Kepala Pelaksana Badan Peanggulanan Bencana Daerah (BPBD)  Sleman, Joko Supriyanto mengatakan pembentukan Destana ini sebagai implementasi dalam mensinergikan berbagai elemen dalam penanggananan bencana, sehingga terwujud masyarakat yang tanggap, tangkas dan tangguh.

“Hingga sekarang dari 86 desa di Sleman, 44  desa di antaranya sudah terbentuk Destana,” paparnya. (der)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Purwomartani Dikukuhkan Jadi Desa Tangguh Bencana"

Posting Komentar