Kurangani Komplain Pengaduaan, Polri Benahi Kinerja Reskrim


 Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrin) Polri Irjan Arief  Sulistyanto  membeirkan ketrangan usai memberikan pengarahan kepada jajaran reskrim Polda DIY, Kamis (18/10/2018)


SEMBADA.ID -Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrin) Polri Irjan Arief  Sulistyanto memberikan pengarahan  kepada para penyidik reskrim di lingkungan Polda DIY, Kamis (18/10/2018). Selain untuk  menyamakan persepsi tentang tugas pokok dan fungsi (tupoksi),  kegiatan tersebut juga untuk meningkatkan kinerja mereka.  Terutama untuk mengurangi konplain pengaduan masyarakat atas kinerja kepolisian.

“Inilah tugas dan target yang diberikan Kapolri kepada saya, yaitu meningkatkan kinerja terhadap jajaran reskrim Polri,” kata Arief Sulistyanto usai memberikan pengarahan tersebut.


Arief menjelaskan secara umum yang paling banyak mendapat komplain pengaduan atas kinerja Polri, yaitu di reskrim, lalu lintas dan sumber daya manusia (SDM). Dari tiga keluhan itu yang paling banyak di Reskrim.  Untuk  dirinya mendapatkan tugas untuk membenehai dan meningkatkan kinerja reskrim tersebut, terutama menghilangkan komplain atas kinerja reskrim.

“Ada tiga prioritas yang akan dibenahi, yaitu integritas, moralitas dan profesionalitas,” jelasnya.


Menurut Arief dari tiga prioritas itu yang akan dilakukan terlebih dahulu yakni membangun  integritas.  Hal tersebut bukan tanpa alasan. Sebab untuk profesinlaotas bisa dilakukan dengan pengetahuan dan keterampilan, namun untuk  integritas  harus ada keteladanan dan dorongan dari masing-masing pimpinan kesatuan. 

“Jadi kedatatngan saya ini selain untuk memberikan semangat, juga mengajak jajaran reskrim dalam meningkatkan kinerja dalam membangun  integritas. Sebab penyidik yang memiliki integritas yang tinggi, berarti 60%  masalah itu sudah akan selesai. Tinggal meningkatkan profesioitas dan keterampilan,” ungkapnya.

Selain itu dalam rangka pengawasan juga membuka jalur pengaduan online, dengan program ngadu online melalui kabareskrim melalui media sosial (twitter, fabcebook, email) dimana masyarakat bisa mengakses media sosial (medsos) tersebut.  Terutama jika ada masalah dengan penyelidikan bisa langsung disampaikan kepada dirinya serta langsung ditiindaklanjuti kepada satuan wilayah yang melakukan penyelidikan.

“Saya juga berharap media memberikan kritik yang membangun dalam membantu pengawasan dan peningkatkan kinerja kami,” harapnya


Direkrut kriminal umum (Direskrimum) Polda DIY Kombes Pol  Hadi Utomo menambahkan yang mengikuti pengarahan Kabarakrim tersebut,  semua penyidik yang bertugas di wilayah Polda DIY (Polres Sleman, Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul,  Yogyakarta dan Polda sendiri).  Bukan hanya rekrimun, namun juga rekrimsis dan  reserse narkoba.(sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kurangani Komplain Pengaduaan, Polri Benahi Kinerja Reskrim"

Posting Komentar