PAN Yogyakarta Aksi Damai Tolak Kriminalisasi Amien Rais Kasus Sarumpeat




Massa simpatisan dan keluarga besar PAN (Sigab PAN) Yogyakarta mengadakan aksi damai solidaritas menolak upaya kriminalisasi terhadap Amien Rais dalam kasus Ratna Sarumpaet (RS) di Polda DIY Jalan Pajajaran (ringroad), Condongcatur, Depok, Sleman, Rabu (10/10/2018).


SEMBADA.ID - Massa yang tergabung dalam simpatisan dan keluarga besar PAN (Sigab PAN) Yogyakarta mengadakan aksi damai solidaritas menolak upaya kriminalisasi terhadap Amien Rais dalam kasus Ratna Sarumpaet (RS) di Polda DIY Jalan Pajajaran (Ringroad), Condongcatur, Depok, Sleman, Rabu (10/10/2018).

Aksi diawali dengan doa bersama di pendopo Taman Kuliner Condomgcatur yang terletak 500 meter barat Mapolda DIY dilanjutkan dengan jalan kaki menuju Polda DIY.  

Sesampainya di Polda DIY masa menggelar orasi menyatakan sikap atas pemanggilan Amien Rais oleh Polda Metro Jaya (PMJ) dalam kapasitasnya sebagai saksi kasus RS, Rabu (10/10/2018).

Selain orasi massa juga membawa spanduk yang bertuliskan aksi damai tolak kriminalisasi pak Amien Rais. 

Penanggung jawab aksi solidaritas Sigab PAN Yogyakarta Imam Sujangi mengatakan indikasi pamanggilan Amien Rais sebagai saksi dalam kasus RS itu ada upaya dikriminalisasi dan politisasi bukan tanpa alasan. Di antaranya mengapa yang dimintai keterangan Amien Rais dulu. Padahal Amien Rais bukan yang pertama memberikan kementar soal hoax dan secara urutan juga bukan yang perama kali  bertemu lebih dulu dengan  RS. Untuk itu mereka menanyakan hal ini


"Kami menilai apa yang dilakukan kepolisian itu tidak murni penegakkan hukum. Tetapi ada indikasi dipolitisasi. Apalagi ini tahun politik," kata Imam Sunjangi dalam aksi tersebut, seperti dilansir sindonews, Rabu (10/10/2018).

Imam Sujangi menjelaskan posisi Amien Rais dan yang lainnya dalam kasus ini adalah korban atas kebohongan RS, termasuk sudah menyampaikan permintaan maaf secara terbuka kepada publik. Sebab mrmang tidak ada niat untuk menyebarluaskan hoax sebelum ada pengakuan kebohongan RS. 

"Maka tidak ada alasan Amien Rais dipanggil sebagai saksi. Terlalu banyak kasus seseorang dibohongi orang lain," tandasnya.

Imam Sujangi menambahkan meski tetap menghormati proses hukum, namun meminta pihak kepolisian bertindak obyektif, transparan dan tidak menjadikan kasus pemanggilan Amien Rais sebagai kasus politik. Apalagi Amien Rais juga taat hukum dan memenuhi panggilan sebagai saksi. Sehingga kasus ini jangan dikriminalisasi dan politisasi. 

"Karena meminta kepolisian menjelaskan kepada publik mengapa Amien Rais didahulukan mendapatkan panggilan sebagai saksi," paparnya.

Sebelum mengakhiri aksi damai Sigab PAN Yogyakarta menyerahkan pernyataan sikap kepada kepolisian yang diterima Kabid Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto. Setelah itu mereka dengan tertib meninggalkan Mapolda DIY.


Kabid Humas Polda DIY AKBP Yulianto mengatakan siapapun boleh menyatakan sikap dan itu memang hak mereka. Asalkan sesuai dengan ketentuan yang ada. Untuk pernyataan sikap Sigab PAN Yogyakarta akan diberikan kepada pimpinan.sbd)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PAN Yogyakarta Aksi Damai Tolak Kriminalisasi Amien Rais Kasus Sarumpeat"

Posting Komentar