Ratusan PenederitaThalesemia DIY Butuh Perhatian, IDI Sleman Galang Donasi



 
Peserta jalan sehat HUT IDI ke 68 tingkat Sleman di lapangan Pemda Sleman, Minggu (21/10/2018).foto sembada.id/donik

SEMBADA.ID-  Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sleman dalam rangka memperingartai hari ulang tahu (HUT) IDI ke 68  selain melaksanakan jalan santai dan senan massal di lapangan pemkab Sleman, Mingu (21/10/2018)  juga dengan menggalang donasi untuk penderita thalesemia.

Penyakit Talasemia merupakan penyakit keturunan berupa kelainan pada sel darah merah yang menyebabkan penderita mengalami anemia kronis.  1000 orang dari kalangan tenaga kesehatan, dokter dan masyarakat umum di Sleman mengikuti kegiatan tersebut. 


Ketua panitia kegiatan, Rino Rusdiono mengatakan pengalanan donasi tersebut bukan tanpa alasan. Di antaranya karena  penyakit thelesamia  ini jarang terekspose. Padahal mereka (penderita) membutuhkan dukungan dan perhatian agar bisa menjalankan kualitas hidup dengan lebih baik. Sehingga dengan langkah ini diharapkan dapat menumbuhkan empati masyarakat.

“Di DIY sendiri tercatat ada  ratusan penderita thelesemia,”  kata Rino disela-sela acara tersebut.

Rino menjelaskan penderita thelesemia sendiri untuk pengobatannya selain dengan transfusi darah  juga tulan sumsun. Karena itu   hasil dari  penggalangan donasi langsung akan  diserahkan pada Perhimpunan Orang Tua Penderita Talasemia Indonesia (POPTI) DIY guna kepentingan tersebut.


Bupati Sleman  Sri Purnomo menambahkan karena thalasemia  merupakan  penyakit darah yang perlu pengobatan jangka panjang.  Untuk itu berharp IDI Sleman dapat terus melakukan kegiatan serupa, berbaur dengan masyarakat dalam rangka mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat Sleman.

“Karena itu kami memberikan apresiasi langkah IDI Sleman yeng menyeleanggarakan kegiatan ini,” kata Sri Purnomo  dalam sembutan tertulis  dibacakan  Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Joko Hastaryo.(nik)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ratusan PenederitaThalesemia DIY Butuh Perhatian, IDI Sleman Galang Donasi"

Posting Komentar