RKPD 2020 Sleman Prioritaskan Kesejahteraan



Sekda Sleman Sumadi saat membuka musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Aula Bappeda Sleman, Senin (28/1/2019). foto sembada.id/doni kardika


SEMBADA.ID-Pemkab Sleman akan fokus pada tiga aspek rencana pembangunan tahun 2020  mendatang, yaitu kesejahteraan, pelayanan publik dan daya saing. Sebagai langkah awal Slemn menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Aula Bappeda Sleman, Senin (28/1/2019).

Bupati Sleman, Sri Purnomo menjelaskan bahwa aspek kesejahteraan masyarakat meliputi kemiskinan, kesehatan, pengangguran dan ketimpangan pendapatan. Kemiskinan akan difokuskan pada lima kecamatan dengan KK miskin tertinggi. Sementara untuk kesehatan akan melakukan penekanan pada penurunan kasus stunting.

 “Sedangkan untuk menekan angka penggangguran dilakukan dengan memberikan kesempatan masuknya investasi yang padat karya bukan padat modal diimbangi dengan penyiapan tenaga kerja yang terampil. Sementara untuk ketimpangan pendapatan, difokuskan untuk meningkatkan pendapatan petani,” kata Sri Purnomo dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Sleman Sumadi dalam kegietan tersebut.

Untuk aspek pelayanan publik, di antaranta dengan  merintis mal pelayanan publik. Selain itu pelayanan publik akan meningkatkan sarana prasarana persampahan serta mengupayakan kemandirian masyarakat dalam pengolahan sampah.

“Terutama pengurangan limbah plastik, mengingat pengaruh limbah sampah pada lingkungan sudah menjadi isu nasional,” jelasnya.
.
Berkenaan dengan aspek daya saing, menurutnya akan dititik beratkan pada pengembangan potensi ekonomi lokal. Untuk itu  dinas terkait harus  mampu mengembangkan dan meningkatkan kapasitas pelaku usaha, sarana prasarana, pemanfaatan teknologi serta sertifikasi produk.

“Saya juga menghimbau agar seluruh OPD dapat menaruh perhatian lebih pada sektor-sektor di ketiga aspek tersebut,” tambah Sri Purnomo.

Sekretaris Bappeda Sleman, Arif Setio Laksito menjelaskan Pembukaan Musrenbang adalah dimulainya tahapan penyusunan RKPD. Penyusunan tersebut dimulai dengan penyampaian rancangan awal RKPD kepada Satuan Kerja Perngkat Daerah (SKPD) kemudian dilanjutkan Musrenbang kabupaten di kecamatan. (dik)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RKPD 2020 Sleman Prioritaskan Kesejahteraan"

Posting Komentar