Tiga Pemenang Sayembara Desain Sungai Buntung Dipamerkan





Salah satu desain penataan arsitektur berkelanjutan dipamerkan dalam Sharing Session di Mezzanine Eatery and Coffe, Senin (28/1/2019) malam.  Sembada.id/ridwan anshori


SEMBADA.ID- Kawasan sungai Buntung di Sinduadi, Mlati merupakan kawasan kumuh di Sleman. Pemkab Sleman menggandeng Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menatanya dengan menggelar sayembara desain penataan kawasan yang berbatasan dengan Kota Yogyakarta tersebut.

Terpilih tiga pemenang dalam desain penataan itu. Ketiga desain lalu dipamerkan dalam Sharing Session di Mezzanine Eatery and Coffe, Senin (28/1/2019) malam. Acara ini sekaligus sebagai ajang berbagi pengalaman tentang arsitektur berkelanjutan.

Ketua IAI DIY Ahmad Syaifudin Mutaqi mengatakan, acara ini sebenarnya dalam rangka menyebarluaskan ilmu arsitektur kepada mahasiswa dan masyarakat umum. "Tentunya juga menjadi ajang dalam penyampaian inovasi, ide, gagasan untuk mewujudkan arsitektur berkelanjutan," katanya.

Dia mengungkapkan, acara ini bisa menjadi ajang berbagi antara arsitek senior kepada junior atau sebaliknya. "Banyak manfaat yang bisa diperoleh dalam menghasilkan karya terbaik, tentunya yang berkelanjutan atau ramah lingkungan," ungkapnya.

Menurut dia, acara ini sekaligus menyuguhkan dua aktivitas. Pertama penyampaian gagasan dan ide arsitek berkelanjutan serta memamerkan 13 karya arsitektur terbaik, baik dari IAI maupun Program Profesi Arsitektur Universitas Islam indonesia (UII).

Sedangkan tiga pemenang desain penataan Kali Buntung, merupakan karya tiga arsitek muda. Mereka adalah Widodo Agung Nugroho, Peda Bayu dan Theo Rifai. "Karya itu menjadi salah satu contoh pemerintah yang menjadikan sayembara dalam menghasilkan karya arsitek. Penataan nantinya dilakukan oleh Pemkab Sleman," kata dia.

Di acara ini dipaparkan juga karya mahasiswa Prodi Arsitektur UII. Mereka adalah Ridho Pawenang yang juga pemenang Blue Ribon Proyek Akhir Sarjana UII. Meutia Amelia dan kawan-kawan yang menjadi pemenang sayembara kawasan tugu simpang lima Takengon, Aceh. (iwn)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tiga Pemenang Sayembara Desain Sungai Buntung Dipamerkan"

Posting Komentar