Cegah Corona, Pedagang Pasar Godean Diedukasi Pakai Masker




Wakil bupati Sleman Sri Muslimatun memberikan pengarahan soal pentingnya memakai masker bagi pedagang di pasar Godean, Senin (16/4/2020).foto sembada.id/dwijo anggono

SEMBADA.ID-Kesadaran para pedagan pasar Godean untuk memakai  masker saat beraktivitas di pasar masih kurang. Terbukti saat wakil bupati Sleman Sri Muslimatun melakukan peninjauan ke pasar Godean, Kamis (16/4/2020)  sekitar 30%  pedagang belum mengunakan masker. Alasannya karena lupa membawa dan tidak punya masker.  Jumlah pedagang pasar Godean ada 2200 orang.

Ketua asosiasi pedagang pasar Godean, Rubiyanto mengatakan sebenarnya sudah ada sosialiasi untuk pencegahan virus corona jenis baru, Covid-19,  yaitu selalu  menjaga kebersihan dan menggunakan masker saat berada di luar rumah dan berinteraksi.  Termasuk disediakan tempat cuci  dengan air mengalir dan sabun di setiap pintu masuk pasar.

“Namun karena jumlah pedagang pasar Godean mencapai 2200 orang, maka amasih ada pedagang yang  belum sadar untuk menjaga kebersihan dan mengunakan masker,” kata Rubiyanto,  Kamis (16/4/2020).

Untuk itu dengan kedatangan Wakil Bupati Sri Muslimatun diharapkan semakin menambah kepatuhan para pedagang maupun para pengunjung pasar untuk bersama-sama  mencegah penularan virus  corona, dengan memathui anjuran pemerintah.

“Kebersamaan dan kegotongroyongan semua pihak pasti akan sangat membantu dalam upaya pencegahan virus  corona di lingkungan Pasar Godean,” jelasnya.

Rubiyanto dalam kesempatan  itu juga mengatakan adanya pandemi wabah virus corona berdampak pada penjualan omzet mereka, yaitu mencapai 50 % dari hari-hari biasanya.

Sementara itu  wakil  bupati Sleman  Sri Muslimatun mengingatkan  kepada pedagang dan para pengunjung yang belum memakai masker untuk selalu menggunakan masker kain bila berada di pasar dan menjaga jarak 1,5 meter saat berinteraksi. bab pasar merupakan tempat kerumuhan penjual dan pembeli sangat rawan  untuk terjadinya penularan Covid-19.

Untuk itu  Sri  Muslimatun pun memberi masker  kepada para pedagang dan pembeli di pasar Godean yang belum memakai masker.

“Pencegah penyebaran Corona ini  perlu perhatian dari semua pihak, terutama  untuk menjaga agar jangan sampai terjadi penularan virus corona di pasar yaitu dengan mengunaan masker, jaga jarak, sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terutama karena sering memegang uang yang siapa tahu ada virusnya karena yang memegang uang banyak orang,” terangnya.(ang)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cegah Corona, Pedagang Pasar Godean Diedukasi Pakai Masker"

Posting Komentar