Tingkatan Kualitas SDM dan Pengembangan Kedirgantaraan STTA Gelar SENATIK 2020

 

 

 
STTA Yogyakarta menggelar Senatik dengan tema Keselamatan Penerbangan Di Masa Pandemi COVID-19”  di ruang Pluto STTA Yogyakarta, melalui meeting online Zoom serta  Facebook dan Channel Youtube  STTA, Kamis (10/12/2020). foto. Dok Humas STTA Yogyakarta

 

SEMBADA.ID-Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) YOGYAKARTA menyelenggarakan Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Kedirgantaraan (SENATIK) 2020,  secara virtulal, Kamis (10/12/2020). 

Kegiatan dengan tema “Keselamatan Penerbangan Di Masa Pandemi COVID-19”   tersebut dipusatkann di ruang Pluto STTA Yogyakarta, melalui meeting online Zoom serta  Facebook dan Channel Youtube  STTA.

Senatik 2020 menghadirkan pemateri, Guru Besar Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Gajahmada (UGM) Prof..Agus Taufik Mulyono dan  Ketua Sub-Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Capt. Nurcahyo Utomo.,

Humas STTA Yogyakarta Tery Kartika mengatakan  Senatik ini merupakan kegiatan rutin tahunan, terutama untuk publikasi karya ilmiah, penelitian, tesis dan desertasi dari dosen,  praktisi dan  peneliti.  Sebagai institusi yang memiliki ciri khas kedirgantaraan, maka setiap pelaksanaannya mengambil temanya dalam lingkup teknologi informasi dan kedirgantaraan.

“Tercatatat ada  300 peserta dan pemakalah yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan khalayak umum mengikuti acara tersebut,” kata Tery,  Kamis (10//1/2/2020).

Kegiatan tersebut  juga untuk  mendukung pengembangan teknologi informasi yang mendukung dunia kedirgantaran  di Indonesia. Makalah dari hasil seminar yang disusun oleh para pemakalah yang memiliki kompetensi dengan tema sama ini akan dipublikasikan secara offline dan online melalui Proceeding SENATIK. Sehhingga dapat menjadi bahan rujukan untuk penelitian di bidang teknologi informasi dan kedirgantaraan.

“Dengan begitu tujuan dari riset dapat tercapai,” paparnya.

Tery menambahkan  melalui Senantik ini juga dapat  meningkatkan sumber daya manusia (SDM)  yang handal di bidang teknologi dan kedirgantaraan, mempertemukan praktisi, peneliti, dan akademis untuk menyajikan, berdiskusi, dan menyampaikan ide baru dari hasil penelitian yang berhubungan dengan transformasi teknologi dan kedirgantaraan didalam mewujudkan pertahanan nasional.

“Termasuk  mengajak masyarakat untuk  memahami pentingnya  keselamatan penerbangan di masa pandemi  COVID-19,” jelasnya.

Menurut Tery  ini penting, sebab pandemi  COVID-19 telah memberikan dampak yang sangat besar terhadap seluruh sektor kehidupan di dunia. Khusus sektor transportasi udara nasional terjadi penurunan hampir 80% . Dalam kondisi yang sedang sulit seperti ini industri dirgantara diharapkan dapat tetap bertahan dan menyiapkan strategi yang tepat, sehingga dapat kembali  bertumbuh dengan cepat  setelah pandemi usai.

“Penurunan tersebut kita harapkan terjadi tidak terlalu lama. Seiring dengan berkurangnya penyebaran COVID-19, kita optimis secara perlahan minat penumpang yang menggunakan  transportasi udara juga akan meningkat,” terangnya. (*/sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tingkatan Kualitas SDM dan Pengembangan Kedirgantaraan STTA Gelar SENATIK 2020"

Posting Komentar