UDG XIV 2021 Digelar Semi Virtual, Bukti Umat Hindu Siap Hadapi Industri 4.0

 

Dirjen Binmas Hindu Kemenag, Tri Handoko Seto saat membuka kick off UDG XIV 2021. Foto Humas Ditjen Binmas Hindu Kemenag

SEMBADA.ID-Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Binmas) Hindu Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Utsawa Dharma Gita  (UDG) XIV 2021. Yaitu  festival atau lomba nyanyian suci agama Hindu.

Kegiatan itu dibuka oleh Dirjen Binmas Hindu Kemenag, Tri Handoko Seto 29 Juni 2021 secara virtual melalui zoom meeting.  Puncak UDG XIV tahun 2021 akan berlangsung pada bulan Agustus 2021. Tercatat ada 31 provinsi dengan 959 peserta  mengikuti dalam ajang perlombaan tiga tahunan ini. Namun dimasa pandemi, kegiatan dilakukan secara semi virtual.

UDG Nasional  XIV ini harusnya  dilaksanakan tahun 2020 di Maluku, namun dengan  merebaknya COVID-19 pelaksanaannya diundur  tahun 2021 dan secara semi virtual.  Termasuk untuk pelaksaannya juga offline di daerah masing-masing,” kata   Dirjen Binmas Hindu Kemenag, Tri Handoko Seto, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/7/2021)

Tri Handoko menjelaskan meski  UDG Nasional dilaksnakan dengan semi-virtual namun tidak akan mengurangi esensi dari tujuan diadakannya dharmagita. Bahkan menunjukkan bahwa umat Hindu di seluruh nusantara sangat melek IT dan siap menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

“Walaupun berlangsung secara semi virtual, menjamin peserta akan mendapatkan adrenalin perlombaan yang sama seperti perlombaan yang dipusatkan di satu tempat,” terangnya.

Ketua Panitia UDG Nasional XIV, sekaligus Plt Direktur Urusan Agama Hindu Kemenga, Desak Putu Sri Astiti menambahkan ada tujuh  jenis lomba dalam UGD Nasional ini,  yaitu lomba membaca sloka, lomba menghafal sloka, lomba lomba membaca palawakya, lomba membaca kekawin, Lomba Dharmawacana berbahasa Inggris, lomba Dharmawacana bahasa Indonesia dan lomba nyanyian keagamaan Hindu.

“Masing-masing jenis lomba akan terbagi dalam beberapa kategori dengan jumlah total menjadi 25 kategori lomba,” paparnya.

Untuk perekaman bideo.diawali pripinsi Sulawesi Utara dan Jawa Tengan, 30 Juni 2021, Dilanjutkan Papua dan Sumatera Utara,1 Juli dan terakir di  Banten dan Kalimantan Barat.  Untuk pengambilan video rekaman di daerah, akan ada petugas yang melakukan pemantauan langsung.

 "Petugas pemantauan itu telah diseleksi ketat sehingga kredibilitasnya terjamin. Selain paham teknis perekaman video juga paham teknis perlombaan,” jelasnya. (sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " UDG XIV 2021 Digelar Semi Virtual, Bukti Umat Hindu Siap Hadapi Industri 4.0"

Posting Komentar